SOLOPOS.COM - Pemain sepak bola kembar di Liga 1, Yance Sayuri dan Yakob Sayuri. (Instagram/@yakobsayuri3).

Solopos.com, SOLOLiga 1 musim 2023/2024 yang akan memasuki pekan ketiga menyimpan fakta menarik.

Salah satu fakta itu adalah cukup banyak pemain Liga 1 yang merupakan kakak beradik atau bahkan kembar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Liga 1 merupakan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air. Kompetisi dengan nama Liga 1 mulai bergulir 2017 lalu. Namun, kompetisi sepak bola nasional sejatinya dimulai sejak era penjajahan Belanda, tepatnya pada 1914.

Setelah melalui liku-liku perjalanan panjang, termasuk terbentuknya kompetisi amatir perserikatan dan semi-profesional galatama, kini Liga Indonesia telah bertransformasi menjadi kompetisi profesional.

Banyak pesepakbola menggantungkan hidup pada Liga 1. Mereka bersaing ketat untuk mendapatkan tempat di klub. Tak jarang kakak beradik turut bersaing untuk membuktikan siapa yang terbaik.

Ketika memenuhi kriteria, klub Liga 1 pun tak ragu merekrut mereka. Berikut adalah pemain Liga 1 2023/2024 yang berstatus kakak beradik:

1. Andritany Ardhiyasa dan Indra Kahfi Ardhiyasa

Andrytani merupakan kiper andalan Persija Jakarta. Dikutip dari laman transfermarkt.co.id, Rabu (12/7/2023), Andrtany menjadi penjaga gawang Macan Kemayoran sejak 2010. Pesepakbola 31 tahun berpostur 178 cm itu didatangkan dari Sriwijaya FC.

Dia merupakan adik dari Indra Kahfi yang juga bermain di Liga 1. Berbeda dengan sang adik, Indra yang berstatus sebagai polisi itu berposisi sebagai bek.

Saat ini lelaki 36 tahun tersebut membela Bhayangkara Presisi Indonesia FC atau sebelumnya dikenal dengan Bhayangkara FC.

Indra Kahfi diboyoang Bhayangkara dari Pusamania Borneo pada April 2016. Sebelumnya, dia tercatat pernah memperkuat PSPS Pekanbaru, Deltras, Persikota, dan Persita.

2. Al Hamra Hehanusa dan Rezaldi Hehanusa

Adik kakak Al Hamra dan Rezaldi pernah merumput bersama di Persija Jakarta. Mereka berpisah pada jendela transfer pemain Liga 1, Januari 2023 lalu.

Sang kakak, Rezaldi hijrah ke Persib Bandung, sedangkan adiknya, Al Hamra, berlabuh ke Persik Kediri.

Saat bermain di Persija, mereka tak mendapatkan banyak menit bermain. Rezaldi hanya tampil empat kali selama musim 2022/2023. Pemain 27 tahun tersebut sempat menjajal posisi bek tengah dalam beberapa kesempatan.

Sementara, sang adik, Al Hamra hanya tampil tiga kali pada Liga 1 musim lalu. Dua di antaranya menjadi pemain pengganti ketika Persija menghadapi PSIS Semarang dan Dewa United.

3. Yance Sayuri dan Yakob Sayuri

Yance dan Yakob adalah saudara kembar yang kini membela PSM Makassar. Mereka membawa PSM Makasar menjadi juara Liga 1 musim lalu dengan mengemas 69 poin.

Mereka tampil apik selama membela jawara Liga 1 2022/2023 itu sehingga mendapat panggilan ke timnas untuk menjalani FIFA matchday Maret 2023 lalu.

Saat itu skuad Garuda menghadapi Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Yakob dan Yance lahir di Yapen, Papua pada 22 September 1997. Yakob lahir tiga jam sebelum Yance. Meski kembar, tetapi Yakob Sayuri dan Yance Sayuri bermain di posisi berbeda.

Yakob bermain sebagai penyerang, sedangkan Yance Sayuri menjadi pemain bertahan.

4. Beckham Putra dan Gian Zola

Beckam Putra adalah adik dari Gian Zola. Mereka membela klub Liga 1 yang berbeda. Beckam Putra saat ini memperkuat Persib Bandung, sedangkan Gian Zola menjadi bagian PSIS Semarang.

Beckam Putra yang menjadi penggawa timnas U-22 Indonesia itu menjadi andalan Maung Bandung sejak 2019. Dia didatangkan dari Persib Youth.

Pesepakbola 21 tahun yang berposisi sebagai gelandang serang itu membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja lalu.

Sementara, sang kakak, Gian Zola, baru pindah ke PSIS Semarang pada 1 Juli 2o23 lalu dari Arema FC.

Sebelum membela Arema FC, Gian Zola pernah memperkuat Persib Bandung dan Persela Lamongan.



5. Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa

Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa adalah saudara kembar yang lahir di Magelang, 16 Januari 2002 lalu. Mereka pernah membela timnas U-16 Indonesia di ajang Piala AFF.

Bagus sebagai penyerang, sedangkan Bagas menjadi bek. Mereka pernah mengikuti program Garuda Select di Inggris.

Keduanya saat ini memperkuat Barito Putera. Sebelum membela klub yang sama, Bagus sempat mencicipi atmosfir sepak bola Yunani bersama klub Asteras Tripolis pada 2022.

Sebelumnya, dia bergabung dengan Utrecht U-21 pada 2021 dari klub yang sama U-18 pada awal 2021.

Sementara, Bagas konsisten membela Barito Putera sejak 2018. Dia menjadi bagian penting timnas U-22 Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Bagus bersama kawan-kawan sukses membawa Indonesia meraih medali emas saat itu.

Demikian fakta menarik tentang kakak beradik yang bermain di Liga 1 musim ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya