SOLOPOS.COM - Laga derbi Jateng PSIS vs Persis Solo digelar tanpa penonton di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, Minggu (17/3/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Laga bertajuk Derbi Jateng antara PSIS Semarang versus Persis Solo digelar di Stadion Batakan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (17/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Laga dua tim Jawa Tengah di Liga 1 itu digelar tanpa penonton.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Kepastian ini didapat setelah panitia pelaksana (Panpel) PSIS Semarang mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Kota Balikpapan dan pihak kepolisian setempat.

“Alhamdulillah setelah melalui berbagai tahapan. Pertandingan antara PSIS menghadapi Persis ada titik temu dan akan digelar di Stadion Batakan Balikpapan dengan tanpa penonton. Mohon doanya supaya pertandingan dapat berjalan dengan lancar,” ujar Ketua Panpel PSIS, Agung Buwono dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (14/3/2024).

Laga PSIS Semarang melawan Persis Solo sebenarnya berlangsung pada Kamis (14/3/2024).

Tetapi hingga H-3 pertandingan, pihak PSIS Semarang tidak bisa menemukan venue untuk laga tersebut karena bermacam alasan.

Hingga akhirnya, pihak PSIS Semarang sepenuhnya menyerahkan venue Derby Jateng tersebut kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Berdasarkan surat Nomor 358/LIB-COR/III/2024 Perihal Penetapan Pertandingan BRI Liga 1–2023/24 PSIS Semarang vs Persis Solo, yang ditandatangani Dirut PT LIB, Ferry Paulus tersebut ada enam poin yang disampaikan.

“Poin utamanya yakni setelah beberapa tempat tidak berhasil mendapatkan rekomendasi kepolisian, di Stadion PTIK/Batakan/Kapten I Wayan Dipta menjadi opsi agar pertandingan dapat dilaksanakan sesuai jadwal, dengan konsekuensi tanpa penonton,” bunyi dalam surat pada poin keempat.

“Namun, karena dalam kondisi darurat dan waktu yang sangat terbatas, serta memperhatikan slot jadwal yang ada, termasuk peluang memperoleh rekomendasi pertandingan, maka kami menetapkan pertandingan PSIS Semarang vs Persis Solo ditunda ke tanggal 17 Maret 2024 dan terkait tempat pertandingan akan disampaikan kemudian dalam Circular penyesuaian venue pertandingan paling lambat pada tanggal 14 Maret 2024,” tulis PT LIB.

Terpisah,  Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, mengatakan sudah menerima surat dari PT LIB yang menyatakan bahwa ada tiga opsi stadion yang bisa dipakai dalam laga tersebut.

“Ada opsi di (stadion) PTIK (Jakarta), I Wayan Dipta (Bali), dan Batakan (Balikpapan),” ucap pria yang akrab disapa Wan Abud.

Abud mengungkapkan, Kamis menjadi hari terakhir atau deadline penentuan di mana laga tersebut akan digelar.

“Kayanya sih sudah jelas tanpa penonton, tapi tidak tahu nanti bagaimana. Yang jelas kepastian main di mana akan ditentukan besok Kamis (14 Maret),” tutupnya.

Menyayangkan

Sebelumnya, Persis Solo menyayangkan pengunduran laga Derbi Jateng versus PSIS Semarang karena ketidakjelasan venue pertandingan.

Laga panas dua tim Jawa Tengah di Liga 1 itu diundur dari awalnya Kamis (14/3/2024) menjadi Minggu (17/3/2024).

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (12/3/2024), Persis Solo menyayangkan pengunduran jadwal karena tidak sesuai dengan nilai-nilai yang tertera pada Regulasi Kompetisi Liga 1 2023/2024 tentang Peserta, Jadwal, dan Sistem Kompetisi.

“Untuk mewujudkan sepakbola Indonesia yang lebih profesional dan berintegritas, Persis Solo berharap pengunduran jadwal H-2 jelang laga atau keputusan serupa tidak terulang lagi di kemudian hari dengan alasan apapun, dan Persis Solo meminta maaf kepada pecinta sepakbola Indonesia atas ketidakjelasan pertandingan tandang kontra PSIS Semarang,” kutip Solopos.com dari rilis tersebut.

Sedangkan di kubu PSIS Semarang, pihaknya sedang mengurus administrasi untuk lokasi venue laga.

PT LIB merokemndasikan tiga venue, yaitu Stadion PTIK, Jakarta, Stadion Batakan, Balikpapan dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Panpel PSIS Semarang, Agung Buwono, mengatakan sedang mengurus syarat-syarat administrasi di beberapa stadion tersebut.

“Kami langsung berkomunikasi dan mengurus segala administrasi dengan pihak terkait untuk opsi stadion pada pertandingan PSIS Semarang vs Persis Solo pada 17 Maret. Mohon doanya supaya semuanya segera clear dan pertandingan PSIS Semarang vs Persis Solo dapat berjalan lancar,” ujar Agung dalam keterangan resminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya