SOLOPOS.COM - Striker Borneo FC, Matheus Pato (kiri), bertukar jersey dengan penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, seusai pertandingan di Stadion Manahan, Sabtu (15/7/2023). (Istimewa/Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO–Harga pasar Matheus Pato naik cukup signifikan setelah semusim membela Borneo FC dalam mengarungi Liga 1 musim lalu dan musim ini.

Sebagai informasi, dia sudah resmi hengkang dari Borneo FC pada pekan ketiga Liga 1 2023/2024 menuju Chinese Super League (CSL).

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Pencetak gol terbanyak Liga 1 2022/2023 (25 gol) itu akan bergabung dengan tim kasta tertinggi Liga China, Shandong Taishan FC.

Manajemen Borneo FC sudah berusaha keras mempertahankan pemain yang direkrut 1 Mei 2022 itu. Namun, Matheus Pato yang harga pasarnya naik itu kukuh ingin pergi.

Gelagat Matheus Pato ingin hijrah dari Borneo FC sebenarnya sudah terlihat sejak sebelum Liga 1 musim ini bergulir.

“Kami sudah melihat tanda-tanda kepergian Pato sejak menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta sebelum Liga 1 dimulai,” kata Manajer Borneo FC Dandri Dauri di Samarinda dikutip dari Antara, Kamis (20/7/2023).

Dia melanjutkan saat itu seorang agen pemain meminta Pato bergabung dengan tim di Liga China, namun tawaran tersebut ditolak manajemen karena Pato adalah striker yang sangat diandalkan klub saat ini.

“Kami menolak permintaan agen tersebut dengan alasan sudah melakukan persiapan menuju Liga 1 dan sudah sulit mendapatkan pemain baru sekelas Pato,” ulas Dandri.

Lantas berapa harga pasar Matheus Pato sekarang dan berapa kenaikannya? Berikut ini ulasannya.

Dikutip dari laman transfermarkt.co.id, Matheus Pato saat ini memiliki harga pasar mencapai Rp6,95 miliar yang merupakan harga pasarnya yang tertinggi. Nilai pasar itu dicatatkannya pada 10 Maret 2023 lalu.

Saat bergabung dengan Borneo FC pada Mei 2022, saat itu harga pasar Matheus Pato tercatat Rp4,35 miliar. Itu berarti Harga pasar Pato naik Rp2,6 miliar hanya dalam waktu lebih kurang satu tahun selama bersama Borneo FC.

Matheus Pato memang tampil gemilang selama berseragam Borneo FC. Pada musim pertamanya bersama Pesut Etam, dia langsung menjadi pencetak gol terbanyak Liga musim 2022/2023 dengan mengemas 25 gol.

Selama memperkuat Borneo FC, Matheus Pato menjadi bomber produktif. Dia tampil 44 kali di semua ajang dengan mengemas 34 dan empat assist.

Saat sembilan kali tampil di Piala Presiden 2022, Matheus Pato mencetak enam gol dan satu asisst. Sementara pada Liga 1 2022/2023 lalu, dia tampil 32 dari 34 pertandingan dengan mencatatkan 25 gol dan tiga umpan gol.

Sebelum hengkang, Matheus Pato tampil tiga kali dan mencetak tiga gol. Penampilan gemilang Matheus Pato selama meniti karier di Indonesia mendongkrak harga pasarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya