SOLOPOS.COM - Tim Unsa Asmi Solo melaju ke Babak 8 Besar Liga 3 Jawa Tengah 2023 setelah mendapat enam poin dari tiga laga. (Istimewa/ Unsa Asmi Solo)

Solopos.com, SOLO — Hasil undian Babak Nasional Liga 3 menempatkan dua tim Soloraya, Unsa Asmi dan PSIK Klaten, bergabung dalam grup yang sulit.

Unsa Asmi bergabung di Grup J sedangkan PSIK Klaten tergabung di Grup O.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Unsa Asmi satu grup dengan Persidi IDI, Persipo Purwakarta, Persegaf Pegunungan Arfak dan tuan rumah PSDB Demak.

Unsa Asmi sebelumnya sudah bertemu PSDB Demak di Babak Perempat Final Liga 3 Jawa Tengah musim ini.

Menanggapi hasil undian ini, Manajer Unsa Asmi, Arya Suhendra, optimis bisa menjadi kuda hitam di Babak Nasional Liga 3 kali ini.

Ia menyebut, secara peta kekuatan, Unsa Asmi yang diisi pemain dari Universitas Surakarta bisa mengimbangi lawan-lawan di Grup J.

“Modal utama anak-anak Unsa adalah kekompakan dan keyakinan satu sama lain. Anak-anak Unsa Asmi siap jadi kuda hitam,” ujarnya kepada Solopos.com, Rabu (27/3/2024).

Disinggung mengenai bermain di Stadion Sultan Fatah Demak yang menggunakan rumput sintetis, Arya mengatakan tidak menjadi masalah.

Ia menyebut, para pemainnya sudah terbiasa bermain di lapangan yang menggunakan rumput sintetis sejak musim lalu.

“Rasanya bukan jadi masalah lagi, karena Unsa Asmi di Liga 3 musim lalu juga home turnamen di Stadion Citarum yang pakai sintetis, dan musim ini Unsa Asmi juga sudah bermain lawan PSDB Demak di Stadion Sultan Fatah Demak,” ulasnya.

Sedangkan PSIK Klaten, akan bersaing dengan Persibone Bone, Adhyaksa Farmel FC, Peareulak Raya dan tuan rumah Persidikab Kediri.

Bermain di Kediri, manajer tim, Sri Purwanto optimis bisa lolos ke babak selanjutnya. Meski begitu, ia masih belum mengetahui kekuatan di Grup O.

“Dengan melihat hasil drawing Liga 3 Nasional di mana PSIK Klaten masuk grup di kediri kami masih optimis untuk lolos babak selanjutnya, walau kami belum tahu kualitas calon lawan kami. Tapi kami tetap optimis lolos dengan persiapan yang sudah kami lakukan, intinya kami tidak ingin hanya sekedar partisipasi dalam event Liga 3 Nasional ini,” ucapnya.

Sebagai informasi, 80 tim akan bertarung dalam laga Liga 3 putaran nasional dari 29 April hingga 8 Mei 2024.

Drawing untuk gelaran ini sudah dilakukan, Selasa (26/3/2024) di Jakarta.

Untuk musim ini, seluruh tim dibagi ke dalam 16 grup. Adapun tuan rumah di Babak Nasional ini adalah Persikota Tangerang, Persipasi Kota Bekasi, Persika 1951 Karawang, Persikas Subang, Dejan FC, Persigar Garut, PSGC Ciamis, Persip Pekalongan, Persiku Kudus, PSDB Demak, Persiba Bantul, HW UMY, Persibo Bojonegoro, Persekabpas Pasuruan, Persedikab dan NZR Sumbersari.

Setiap grup diisi oleh lima tim dengan format home tournament setengah kompetisi.

Juara dan runner up grup lolos ke babak 32 besar. Babak 32 besar berlangsung tanggal 11 hingga 16 Mei 2024 dan dibagi ke dalam 8 grup yang diisi oleh 4 tim, dengan menggunakan sistem home tournament setengah kompetisi.

Juara dan runner up grup berhak lolos ke babak 16 besar.

Babak 16 besar akan berlangsung dari tanggal 19 sampai 24 Mei 2024, masih dengan format kompetisi yang sama (home turnamen setengah kompetisi, di mana juara dan runner up lolos ke babak berikutnya (babak 8 besar), kemudian untuk babak 8 besar, format kompetisinya masih sama seperti di babak sebelumnya dan berlangsung tanggal 27 Mei sampai 1 Juni 2024.

Babak semifinal akan berlangsung tanggal 4 Juni 2024 dengan sistem knock out-single match, pemenang pertandingan akan lolos ke final. Laga final akan berlangsung tanggal 7 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya