SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua dari kiri) bersama sang cucu Jan Ethes dan didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyaksikan pertandingan timnas U-23 Indonesia vs Turkmenistan pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam. Indonesia menang 2-0. (Istimewa/PSSI).

Solopos.com, SOLOTimnas U-23 Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan untuk kali pertama lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar pada 2024.

Kepastian ini diperoleh seusai skuad Garuda Muda membungkam perlawanan Turkmenistan dengan skor 2-0. Gol diciptakan Ivar Jenner pada menit ke-41 dan Pratama Arhan pada menit 90+3 dalam laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023) malam.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Hasil ini membuat skuad asuhan Shin Tae-yong melenggang mulus lantaran menjadi pemuncak klasemen Grup K dengan raihan enam poin dan selisih gol 10-0.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dapat memberikan hasil terbaik bagi Indonesia.

“Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa,” ujar mantan Presiden Inter Milan itu selepas pertandingan melalui keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Erick mengapresiasi perjuangan skuad asuhan Shin Tae-yong yang tampil sangat tenang dan tidak terpancing provokasi lawan.

“Selamat kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial. Kalian layak mendapatkannya setelah berjuang begitu keras, baik dalam latihan maupun pertandingan,” imbuh Erick.

Lelaki yang juga Menteri BUMN itu memuji sikap para pemain yang bermain tenang. Menurut Erick, ketenangan para pemain menjadi kunci sehingga dapat mendominasi permainan.

Erick menyebut kemenangan ini menjadi momentum timnas untuk meningkatkan level permainan di ajang internasional.

“Setelah kemarin menang lawan China Taipei, lalu sekarang menang lagi lawan Turkmenistan. Tradisi kemenangan seperti ini yang harus terus kita jaga,” lanjut Erick.

Dia melanjutkan kemenangan ini juga kian istimewa lantaran disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Erick juga berterima kasih kepada para pendukung dan masyarakat yang tidak pernah berhenti mendukung dan mendoakan timnas.

“Terima kasih Bapak Presiden dan Ibu Negara yang telah datang mendukung langsung perjuangan Garuda Muda,” ulas Erick.

Dengan hasil ini, timnas U-23 menyusul kesuksesan timnas senior yang lebih dahulu memastikan satu tempat pada putaran final Piala Asia di Qatar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya