SOLOPOS.COM - Atlet Esports Kota Surabaya saat menerima medali dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2023. (Antara/HO-Humas ESI Jatim)

Solopos.com, SURABAYA – Kota Surabaya menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2023 cabang olahraga Esports setelah meraih dua medali emas di nomor eFootball dan MLBB, dan perak di Free Fire.

Ketua ESI Kota Surabaya, Julianto PH dalam keterangannya di Surabaya, Kamis (14/9/2023), mengatakan hasil dalam ajang yang digelar di Kota Mojokerto, selama 11 sampai 14 September 2023 ini melampaui targetnya karena target awal hanya satu emas dan dua perak.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Sudah saya sampaikan ke Ketua KONI bahwa kita hanya target satu emas dua perak. Namun hasil kali ini malah sudah melampaui target,” kata Julianto dikutip Antara, Kamis (14/9/2023).

Menurut Julianto, hasil ini merupakan peningkatan dari Eksibisi Porprov yang berada di Jember tahun lalu. Karena di sana timnya belum bisa memenuhi target.

“Artinya ini sebuah peningkatan dari Porprov 2022 di Jember. Syukur tahun ini kita bisa juara umum. Padahal kita target emas di nomor perorangan, seperti eFootball dan MLBB yang ketemu langsung lawan Kota Kabupatennya,” ujarnya.

Sementara untuk evaluasi Porprov Jatim 2023 adalah, ESI Kota Surabaya akan memperbanyak kejuaraan. Dengan begitu bibit atlet akan banyak terlihat.

“Kota Surabaya gudangnya atlet, dengan banyaknya kompetisi yang kita bikin, maka atlet akan lebih banyak muncul, sehingga kita tidak akan kesusahan untuk cari atlet Esports berpotensi,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua Harian ESI Jawa Timur, Daniel Agung menyebut Porprov pertama Esports ini memang sejak awal sudah terlihat Surabaya yang mendominasi.

“Surabaya mendominasi karena dilihat banyaknya turnamen yang dibikin. Sehingga menjaring atlet akan cukup mudah, apalagi event Esports tersebut digelar secara offline,” kata Daniel.

Melihat hal ini, Daniel berharap ada pemerataan turnamen di setiap kabupaten/kota di Jawa Timur supaya potensi juara bisa merata.

“Ya harapan kami tentu kabupaten/kota di Jatim bisa membuat turnamen sebanyak mungkin. Karena dengan begitu maka mereka bisa seperti Kota Surabaya,” ujar Daniel.

Hasil lengkap Porprov Jatim 2023 cabang Esports :

eFootball

1. Kota Surabaya (emas)

2. Kabupaten Sidoarjo (perak)

3. Kabupaten Malang (perunggu)

MLBB

1. Kota Surabaya (emas)

2. Kabupaten Magetan (perak)

3. Kabupaten Jombang (perunggu)

Free Fire

1. Kota Batu (emas)

2. Kota Surabaya (perak)

3. Kabupaten Sumenep (perunggu)



PUBGM

1. Kabupaten Mojokerto (emas)

2. Kabupaten Malang (perak)

3. Kabupaten Sidoarjo (perunggu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya