SOLOPOS.COM - Luis Gill, asisten pelatih Timnas Bola Basket Spanyol direkrut sebagai penasihat teknis Satria Muda Pertamina Jakarta. (Antara/HO-SM)

Solopos.com, JAKARTA – Setelah mendatangkan Manuel Garces sebagai kepala pelatih, Satria Muda Pertamina Jakarta kembali mengumumkan mendatangkan salah satu pelatih senior timnas bola basket Spanyol, Luis Gill, sebagai penasihat teknis.

“Saya senang bisa kembali ke Jakarta lagi, salah satu tempat favorit saya. Saya siap untuk mengerjakan proyek prestisius bersama menjalankan Satria Muda musim depan,” kata Luis Gill dikutip Antara, Rabu (22/11/2023).

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Luis Gill yang merupakan asisten pelatih untuk Sergio Scariolo di tim nasional bola basket Spanyol, sebelumnya telah datang ke Jakarta dalam ajang Piala Dunia FIBA 2023 yang digelar di Indonesia Arena. Perhelatan Piala Dunia Bola Basket di Indonesia itu mendapat pujian darinya.

“Piala Dunia Basket kemarin merupakan pengalaman yang menyenangkan. Turnamen yang sangat rapi dan dimainkan di stadion yang fantastis,” kata dia.

Sebagai penasihat teknis, peran utama Luis adalah mengawasi dan memberikan masukan-masukan teknis untuk kepala pelatih Manuel Garces beserta staf kepelatihannya. Sebelumnya Luis berpengalaman melatih Amerika Selatan, Eropa, dan Jepang.

“Lima tahun yang lalu, saya terbang ke Jepang dan melatih di sana. Di Jepang saya bangga dengan pencapaian saya mampu membimbing Saga Balooners dari B3 ke B1. Saya berharap pengalaman dan kehadiran saya di Satria Muda juga bisa membawa dampak yang positif secara prestasi ke depan,” ujar pria 52 tahun ini.

Kompatriot Luis Guil yang juga pelatih SM Pertamina, Manuel Garces mengaku senang dan bangga bisa bekerja bersama Luis.

“Bagi saya ini sebuah kehormatan untuk bisa bekerja bersamanya di Satria Muda. Ia merupakan teman baik saya yang sudah seperti keluarga saya sendiri. Di bola basket, ia memiliki pengetahuan yang luas dan juga deretan catatan sukses,” ujar Coach Manu.

Luis Guil akan menjalankan perannya sebagai penasihat teknis mulai November, namun Luis tidak akan menetap di Jakarta. Ia akan membagi waktunya antara tugas sebagai penasihat teknis di Satria Muda dan tanggung jawabnya sebagai asisten pelatih tim nasional Spanyol.

“Awal tahun ini tim nasional Spanyol akan bersiap untuk kualifikasi FIBA, sementara musim panas nanti seluruh perhatian akan tercurah untuk Olimpiade Paris 2024,” ujar dia.

Dalam periode sibuk ini, Luis akan terbang pulang-pergi antara Jakarta-Madrid untuk mendampingi tim.

“Saya senang berada di sini, Satria Muda sangat profesional, organisasi yang rapi menurut saya. Saya akan datang ke sini jika kesempatannya memungkinkan. Saya ingin ikut mendampingi tim dan datang ke pertandingan liga. Meski jauh, saya akan tetap berhubungan dengan seluruh staf kepelatihan secara periodik seperti yang kini sudah berjalan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya