SOLOPOS.COM - Penyerang timnas U-17 yang juga pemain Persis Solo Arkhan Kaka (kiri) bersama rekan-rekannya berlatih di Jerman, Selasa (19/9/2023). Latihan bagian dari pemusatan latihan (TC) itu dilaksanakan sebagai persiapan menghadapi Piala Dunia U-27 2023 Indonesia. (Istimewa/PSSI).

Solopos.com, SOLO – Berikut profil Arkhan Kaka, si pencetak gol pertama timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Arkhan Kaka adalah pemain binaan Persis Solo Youth.

Sontekan Arkhan Kaka di menit ke-23 ke gawang memanfaatkan umpan silang mendatar dari Riski Afrisal, sukses menaklukkan kiper Ekuador, Christian Loor.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Arkhan Kaka merupakan pemain yang lahir di Blitar, 2 September 2007 dengan tinggi 186 cm dan mengawali kariernya di sekolah sepak bola di Blitar, SSB Mitra Tunas Muda. Dikutip dari laman Transfermarkt, ia adalah putra dari Purwanto Suwondo, Direktur Akademi Borneo FC juga dikenal sebagai mantan penyerang Persebaya Surabaya dan Arema Indonesia. Purwanto juga sempat berseragam Merah Putih pada 1980-an.

Setelah bermain untuk SSB Mitra Tunas Muda, ia bermain untuk PSBK Blitar youth, bakatnya kemudian tercium oleh tim Bhayangkara FC Youth di Februari 2022. Hanya berselang satu musim, Arkhan Kaka bergabung dengan Persis Solo Youth dan tidak perlu waktu lama, Laskar Sambernyawa langsung mengikatnya dengan kontrak berdurasi lima musim.

Arkhan Kaka juga menjadi pemain termuda yang pernah bermain di Liga 1 2023. Di usia 15 tahun 7 bulan 2 hari, ia bermain menghadapi Bali United dalam laga yang dimenangkan Persis Solo dnegan skor 3-1 tersebut.

Arkhan Kaka menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti. Ia sukses meraih gelar juara pada turnamen Piala AFF U-16 2022 di Jogja, 31 Juli hingga 12 Agustus 2022 lalu. Arkhan Kaka tercatat mencetak dua gol dalam turnamen tersebut.

Arkhan kemudian masuk dalam Timnas U-17 Indonesia akan mempersiapkan tim untuk melakukan seleksi dan pemusatan latihan pada tanggal 9 Juli – 28 Agustus 2023 di Jakarta.

Melalui surat yang telah dikirimkan oleh PSSI dengan nomor: 2479/AGB/383/VII-2023, Arkhan Kaka mendapatkan kesempatan untuk bergabung mengikuti seleksi dan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17.

Direktur Sport Persis Solo, Edwin Klok menyampaikan dukungannya terhadap Arkhan Kaka untuk mengikuti pemusatan latihan. “Kita bangga Kaka dipanggil untuk Timnas U-17. Dia pantas untuk mendapatkannya karena kerja keras dan perkembangan yang ia tunjukkan,” kata Klok dikutip dari laman resmi klub.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya