SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong (kanan) memimpin latihan siang untuk pemain cadangan di Stadion Sriwedari Solo, Minggu (10/9/2023) siang. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman).

Solopos.com, SOLO–Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong meminta skuad asuhannya mewaspadai pemain Turkmenistan nomor punggung 11 yakni Shamammet Hydyrow saat pertandingan kedua Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan dijalani, Selasa (12/9/2023) malam.

Indonesia dalam motivasi tinggi setelah menggulung China Taipei dengan skor 9-0 pada laga pertama yang dijalani. Secara catatan, Indonesia lebih unggul dibanding Turkmenistan yang sebelumnya mengalahkan China Taipei dengan skor 4-0. Dengan demikian, Indonesia memimpin klasemen sementara dengan torehan tiga poin dan unggul produktivitas gol dibanding Turkmenistan di posisi kedua.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Namun, Indonesia perlu waspada jika tidak ingin langkah ke Piala Asia U-23 gagal. Turkmenistan memiliki waktu istirahat enam hari setelah laga perdana mereka. Sedangkan, Indonesia hanya memiliki waktu istirahat dua hari untuk laga penentuan ini. Shin Tae-yong harus menyiasati kondisi ini.

Selain itu, Turkmenistan punya pemain berbahaya. Bahkan, Shin Tae-yong mengakuinya. Pada laga Turkmenistan melawan China Taipei, Shamammed Hydyrov, menurut pelatih asal Korea Selatan itu tampil impresif. Pemain dengan nomor punggung 11 itu mencetak hattrick.

“Saya menonton pertandingan pertama Turkmenistan lawan Chinese Taipei. Pemain bernomor 11 [Shamammet Hydyrow] dan penyerang lain Turkmenistan juga sangat baik,” kata Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Indonesia harus menang dari Turkmensitan untuk mengunci gelar juara grup. Masing-masing juara grup akan memperoleh tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Sementara runner-up di masing-masing grup hanya akan memperebutkan empat tiket yang nantinya akan di-ranking dengan poin dan selisih gol terbanyak.

Sebenarnya, Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk mengunci tiket lolos ke putaran final. Namun, bermain di hadapan lebih kurang 18.000 penonton pendukung Indonesia, tentunya hasil seri bukan pilihan terbaik Garuda Muda.

Terlebih, Indonesia mendapat amunisi tambahan setelah tiga penggawa muda Indonesia kembali dari skuad senior. Mereka yakni Alfreanda Dewangga, Dony Tri Pamungkas, dan Dzaky Asraf.

Shin Tae-Yong menyebut mereka dalam keadaan baik. Tiga pemain itu sebelumnya tampil bersama timnas senior Indonesia saat melawan Turkmenistan dalam FIFA matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (8/9/2023) malam.

“Tiga-tiganya sudah bersama kami juga, jadi tidak ada masalah kondisi pemain,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya