SOLOPOS.COM - Ketua Askot PSSI Solo, Arya Surendra (tengah) memberikan keterangan terkait gelaran kompetisi sepak bola KU-12 Piala Wali Kota Solo di Balai Persis Solo, Jumat (17/3/2023). (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Ketua Askot PSSI Solo, Arya Surendra, menyebut saat ini kompetisi internal untuk KU-9, 10, 11 dan 12 tahun sudah selesai dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Sehingga, kompetisi yang diadakan Askot Solo untuk tahun ini telah rampung.

Ia mengatakan, tahun ini Askot Solo menggulirkan kompetisi hanya untuk empat kelompok umur karena beberapa lapangan tidak bisa dipakai karena untuk Piala Dunia U-17. 

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Untuk KU-9 dan 10 sudah dilaksanakan pada awal tahun ini. Sedangkan yang KU-11 dan 12 sudah diadakan pertengahan 2023. Memang kompetisi untuk tahun ini dari Askot Solo menggulirkan untuk empat kelompok umur saja, karena yang kelompok umur di atasnya lapangannya dipakai untuk piala dunia,” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (23/11/2023).

Arya melanjutkan, setidaknya dibutuhkan lima lapangan untuk menggelar kompetisi internal. Untuk itu, ia menyebut Askot Solo menunggu penyerahan kembali lapangan-lapangan di Solo dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke Pemerintah Kota Solo.

“Untuk menggelar kompetisi di atas usia 12 tahun ini butuh lapangan yang besar dan memang dari tahun lalu Solo sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 meskipun akhirnya batal tapi kemudian digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-17. Jadi dari awal rencananya memang begitu, kami menyiapkan untuk tahun depan, karena setelah digunakan untuk final, biasanya perlu waktu dari Kementerian PUPR mengembalikan lapangan ke Pemkot Solo,” ujarnya.

Meski begitu, Arya mengatakan untuk pemain di atas 12 tahun tetap berkompetisi melalui Piala Soeratin. Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah menggelar drawing Piala Soeratin U-13 dan U-15 2023. Sebanyak 47 tim U-13 dibagi dalam 12 grup dan 66 tim U-15 terbagi dalam 16 grup.

“Ada kompetisi untuk yang di atas 15 tahun itu melalui Piala Soeratin yang dilaksanakan oleh Asprov Jawa Tengah,” lanjutnya.

Arya mengatakan untuk tahun depan kompetisi internal akan kembali diadakan untuk kelompok umur. Sedangkan untuk kategori senior, Arya mengatakan Askot Solo sudah tidak lagi menjalankan kompetisi sejak 2016.

“Kalau tahun depan akan kami siapkan karena kemungkinan lapangan sudah bisa digunakan. Tapi memang untuk kategori senior Askot Solo sudah tidak lagi mengadakan sejak 2016,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya